Dampak Handphone terhadap anak kecil

Dampak Penggunaan Handphone terhadap Anak Kecil


Saya mengambil judul ini, karena banyak anak yang belum memahami apa fungsi gadget yang sebenarnya dan batas waktu yang ditentukan yang menyebabkan generasi anak kecil menjadi rusak.

Jadi, para orangtua belum bisa membatasi anaknya yang bermain gadget secara berlebihan karena beberapa faktor.

Nahh, saya akan menjadikan topik ini menjadi karya ilmiah saya karena cocok dan harus dibahas sejak kini.




Bab 1 Pendahuluan

Latar Belakang Masalah 

Pemakaian handphone di Indonesia sangatlah tinggi, survei yang dilakukan Pew Research Center dengan respoden 30.133 orang di 27 negara yang dilakukan pada 14 mei sampai 12 agustus 2018. Dalam survei ini untuk melihat perbandingan kepemilikan smartphone dan telepon seluler biasa yang ada didunia. pada gambar dibawah ini sudah dibuktikan Indonesia masuk ke peringkat ke 24 didunia termasuk kepada anak dibawah umur. 








dalam pembuktian diatas bahwa pemakaian smartphone pada anak dibawah umur sangatlah tinggi. ada beberapa hal yang membuat anak kecil kurang memahami apa fungsinya smartphone, yaitu kurangnya informasi orang tua kepada anaknya, sudah mengalami kecanduan, dan lain-lain, tetapi di Indonesia juga belum membuat atau menjalankan program atau peraturan yang dikhususkan untuk penggunaan smartphone pada anak dibawah umur

Masalah Penelitian

Bedasarkan latar belakang masalah yang ada diatas, maka yang menjadi masalah adalah apakah orang tua wajib memberikan smartphone kepada anaknya atau tidak.

Rumusan Masalah

Bedasarkan masalah diatas maka rumusan masalahnya adalah

1. Apakah orangtua wajib memberikan smartphone kepada anaknya atau tidak??

2. Apakah tidak ada aturan tentang pemakaian smartphone pada anak-anak??

Tujuan Penelitian

1. Untuk mengetahui para orangtua, apakah anaknya diwajibkan untuk memakai smartphone pada usia kecil/dini

2. Untuk mengetahui adanya atau tidaknya aturan yang membahas tentang pemakaian smarphone pada anak dibawah umur

Manfaat Penelitian 

1. Agar orangtua tahu, apakah pantas anak dibawah umur memakai smatphone dan juga agar anak memahami apa fungsinya smartphone jika digunakan dengan baik dan positif.

2. Agar Indonesia bisa menyadari dan mengetahui dampak positif dan negatif pada anak dibawah umur yang menggunakan smartphone. 


Jenis penelitian

Jenis penelitian yang saya gunakan adalah observasi yang bisa dilihat dari sebuah grafik hasil pengamatan para peneliti.

Teknik pengumpulan data

Teknik yang saya gunakan adalah observasi ke beberapa website (online) seseorang dan juga dari pandangan pribadi maupun non pribadi

Teknik analisis data
 
Teknik analisis yang saya gunakan adalah dengan teknik kuantitatif dari sebuah observasi berbentuk grafik dan melihat perkembangannya

Populasi dan sampel

Populasi yang saya survei yaitu perkembangan penggunaan gadget yang ada di Indonesia mulai tahun 2018, tetapi sampelnya saya hanya fokus terhadap anak dibawah umur yang sudah menggunakan handphone bahkan mempunyainya.

Komentar